KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA

?Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

Multimedia telah diaplikasikan dalam berbagai bentuk dan tujuan sesuai fungsi pengaplikasiannya, seperti:

  1. Digital Printing
  2. 2D Animation
  3. Graphic Design
  4. Desktop Publishing
  5. Video Editing
  6. 3D Modelling
  7. Editor Film,
  8. Photography

? SERTIFIKASI: Setiap lulusan kompetensi keahlian Multimedia SMK Ketintang dibuktikan dengan sertifikat dari: PT Awak Media Indonesia

 

? STRUKTUR KURIKULUM MULTIMEDIA?

A. Muatan Nasional
     
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
     2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
     3. Bahasa Indonesia
     4. Matematika
     5. Sejarah Indonesia
     6. Bahasa Inggris

B. Muatan Kewilayahan
      1. Seni Budaya
      2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
      3. Bahasa dan Sastra Daerah

C. Muatan Peminatan Kejuruan
      C1. Dasar Bidang Keahlian
      
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 
      2. Fisika 
      3. Kimia

      C2. Dasar Program Keahlian
      1. Sistem Komputer
      2. Komputer dan Jaringan dasar
      3. Pemrograman Dasar
      4. Dasar Desain Grafis

     C3. Kompetensi Keahlian
      1. Desain Grafis dan Percetakan
      2. Teknik Pengolahan Audio Video
      3. Teknik Animasi 3 Dimensi dan 3 Dimensi
      4. Desain Media Interaktif
      5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan